Senin, 24 Mei 2010

Tips Memilih Mainan Anak yang Mengembangkan Kecerdasan Anak

Anda masih ingat mainan anak favorit ketika kecil ? Mungkin itu adalah boneka bayi memakai baju pink yang bisa menangis, yang digendong terus sampai boneka itu kehilangan suara.

Jika ingatan anda tentang mainan tersebut sampai begitu jelas sesudah bertahun-tahun kemudian, bayangkan betapa pentingnya mainan untuk anak-anak anda sekarang.

Lewat mainan, anak-anak belajar tentang dunia, tentang diri mereka sendiri dan orang lain.Mainan dapat membantu anak memahami bagaimana cara kerja sesuatu,belajar cara menyelesaikan masalah dan mendapat ide-ide baru.

Mainan membantu anak membangun koordinasi, mengendalikan otot dan ketrampilan-ketrampilan fisik.
Mainan dapat merangsang kreativitas dan imajinasi dan memperluas wawasan anak tentang dunia

Mainan yang baik tidak harus mahal dan tidak mesti banyak, Semakin banyak yang dapat dilakukan anak dengan mainanya, semakin membuat anak senang belajar.

Menurut asosiasi anak terkemuka, National Association for the Education of Young Children, mainan adalah alat untuk belajar bagi anak-anak. Asosiasi ini menyarankan untuk menyelaraskan mainan dengan ketrampilan berfikir, bahasa, fisik, perasaan dan persahabatan.

TIPS MEMILIH MAINAN YANG TEPAT

1. Mainan yang digerak-gerakkan membangun koordinasi mata dan tangan, meningkatkan pemikiran tentang bagaimana suatu benda bekerja dan meningkatkan ketrampilan menyelesaikan masalah dan kooperasi
2. Buku-buku dan rekaman membantu anak menghargai kata-kata, sastra dan musik
3. Bahan-bahan kesenian meningkatkan kreativitas dan membangun ktrampilan yang menuntun anak untuk membaca, menulis dan melihat keindahan dalam hidup.
4. Balok-balok kayu selain tahan lama untuk mengajari anak tentang geometri, gravitasi, bentuk-bentuk dan keseimbangan
5. Instrumen musik dan bahan-bahan eksperimen seperti pasir, air, dan tanah liat membuat anak merasa menguasai sesuatu sambil mengembangkan indra mereka
6. Peralatan permainan aktif membangun otot-otot yang kuat dan percaya diri untuk menghadapi tantangan fisik
7. Boneka, boneka satwa yang diisi dan tokoh-tokoh dramatik memberi kesempatan kepada anak untuk mencoba perilaku-perilaku baru dan menggunakan imajinasi
8. Jika anak anda sekolah di prasekolah atau kelompok bermain, perhatikan mainan yang disediakan disana, apakah aman, menarik, dan jumlahnya memadai?

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab terhadap perkembangan dan kesehatan anak tentu kita harus bijak dalam memilih mainan yang merangsang mereka menjadi anak cerdas.

Sumber : http://www.sahabatwanita.com ( by admin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar