Senin, 24 Mei 2010

Perkembangan Kecerdasan Anak Balita Usia 2 bulan

Hal yang penting untuk dikembangkan pada bayi usia 1 – 2 bulan adalah memberikan rasa “PERCAYA” yang merupakan syarat penting bagi perkembangan anak untuk mengembangkan dirinya sendiri.

Jika anak “PERCAYA” bahwa kebutuhannya selalu ditanggapi oleh orang tua, ia akan semakin berani menjelajah dunia yang lebih luas dan lebih berani mencoba hal-hal baru.

Rasa “PERCAYA” dapat dimiliki oleh anak yang memiliki KEDEKATAN dengan orang tua yang tetap dibina sejak bayi dalam kandungan dan saat bayi lahir.

KEDEKATAN tercipta jika Mengenal dan Mengurus sendiri buah hati kita. Beberapa hal berikut dapat membantu kita untuk lebih DEKAT dengan si kecil:

* Nyanyian-nyanyian rohani yang dinyanyikan sambil bermain atau saat si kecil mulai terlelap.
* Ada baiknya mengajak bicara saat berada dengan si kecil.
* Mengajak berjoget/berdansa. Menggendong dengan posisi tegak dan saling berhadapan untuk mempererat hubungan dengan si kecil.
* Mengucapkan doa-doa dengan bersuara ini sekedar membentuk kebiasaan untuk mengajak si kecil berdoa

Beberapa hal berikut dapat membantu kita mengenal lebih DEKAT dengan si kecil:

* Sekitar usia 6 minggu perkembangan penglihatan si kecil mulai berkembang disaat ini tatapan yang hangat dari kita untuk berinteraksi dengan si kecil.
* Mainan-mainan yang berbunyi didekatkan pada mata si kecil dan digerak-gerakkan ke kiri dan kekanan sebagai latihan penglihatan.
* Di usia 2 bulan, dengan mengajak si kecil berbicara, tersenyum, bermain, mendengarkan, meniru, dan memberikan tanggapan atas senyumannya merupakan interaksi sosial sederhana dan mempengaruhi perkembangan kecerdasannya.


Sumber : http://www.sahabatwanita.com ( by admin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar