Jumat, 26 Maret 2010

Ciri-ciri Down Syndrome dan Pendidikan yang Mungkin Diberikan By widypsikologi

Ciri-ciri Down SYndrome:

Penderita dengan tanda khas sangat mudah dikenali dengan adanya penampilan fisik yang menonjol antara lain:

1. Berupa bentuk kepala yang relatif kecil dari normal (microchephaly) dengan bagian anteroposterior kepala mendatar.
2. Pada bagian wajah biasanya tampak sela hidung yang datar, mulut yang mengecil dan lidah yang menonjol keluar (macroglossia). Seringkali mata menjadi sipit dengan sudut bagian tengah membentuk lipatan (epicanthal folds).
3. Tanda klinis pada bagian tubuh lainnya berupa tangan yang pendek termasuk ruas jari-jarinya serta jarak antara jari pertama dan kedua baik pada tangan maupun kaki melebar.
4. Sementara itu lapisan kulit biasanya tampak keriput (dermatoglyphics). Kelainan kromosom ini juga bisa menyebabkan gangguan atau bahkan kerusakan pada sistim organ yang lain.

Karena ciri-ciri yang tampak aneh seperti tinggi badan yang relative pendek, kepala mengecil, hidung yang datar menyerupai orang Mongolia maka sering juga dikenal dengan Mongoloid.

Kompilkasi yang mungkin terjadi pada anak down syndrome antara lain adalah penyakit Leukimia (penykit dimana sel darah putih memiliki jumlah jauh lebih banyak dari sel darah merah, serta terus berlipat ganda) serta Alzheimer (penyakit dimana ia dapat lupa akan hal-hal yang baru dilakukan,serta siapa orang-orang disekitarnya dan berujung kepada kematian).

Pendidikan yang mungkin di Berikan

a. Intervensi Dini

Berfungsi untuk memberi lingkungan yang memadai bagi anak dengan syndrom down, bertujuan untuk latihan motorik kasar dan halus serta petunjuk agar anak mampu berbahasa. Selain itu agar anak mampu mandiri seperti berpakaian, makan, belajar, BAB/BAK, mandi,yang akan memberi anak kesempatan.

b. Taman Bermain

Misal dengan peningkatan ketrampilan motorik kasar dan halus melalui bermain dengan temannya, karena anak dapat melakukan interaksi sosial dengan temannya.

c. Pendidikan Khusus (SLB-C)

Anak akan mendapat perasaan tentang identitas personal, harga diri dan kesenangan. Selain itu mengasah perkembangan fisik, akademis dan dan kemampuan sosial, bekerja dengan baik dan menjali hubungan baik.

3. Penyuluhan Pada Orang Tua

Sumber : http://widypsikologi.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar